Perbedaan King Kobra Dengan Ular Kobra

Perbedaan King Kobra Dengan Ular Kobra

Haloo Guys jika pada artikel sebelumnya kita pembahasan tentang ular Pyhton, kali ini kita akan membahas persoalan Ular Kobra dan King Kobra. Kita harus tahu bahwa Ular Kobra Dan King Kobra itu berbeda loh Guys. Apa saja perbedaan dari King Kobra dengan Ular Kobra? Pada artikel ini kita akan membahas secara tuntas dimana saja letak perbedaan Ular Kobra Dan King Kobra. Sehingga kita semua akan mengetahui apa saja perbedaannya dan akan menambah sedikit banyak wawasan kita semua.

Perbedaan King Kobra Dengan Ular Kobra

Pertama kita harus mengetahui mengapapa Ular Kobra atau King Kobra sering disebut dengan nama panggilan ular sendok di negara Indonesia. Yah benar memang jenis Kobra yang atau banyak disebut dengan nama Ular Sendok serta dikenal dengan sejenis ular berbisa dari suku Elapidae. Kenapa disebut sebagai ular sendok? Karena Ular Kobra atau King Kobra ini dapat menegakkan dan memipihkan lehernya apabila merasa terganggu atau terancam oleh musuh disekitarnya. Leher Kobra yang dapat memipih dan dapat melengkung hampir menyerupai bentuk sendok atau irus yang biasanya disebut dengan “sendok sayur”.

Istilah Ular Kobra dalam Bahasa Indonesia yang diambil dari bahasa Inggris, cobra, yang dimana sebetulnya juga merupakan pinjaman dari sebuah bahasa Portugis. Dalam sebutan nama cobra merupakan nama umum bagi ular, yang diturunkan dari bahasa Latin yaitu colobra (coluber, colubra), yang juga berarti adalah ular. Ketika para pelaut Portugis pada abad ke-16 tiba di Afrika dan Asia Selatan, mereka menemui dan langsung menamai ular sendok yang mereka dapati di sana dengan istilah sebutan nama cobra-capelo atau ular bertudung. Dari nama inilah berkembang sebutan-sebutan yang hampir mirip dalam berbagai bahasa seperti Spanyol, Prancis, Inggris dan bahasa Eropa.

Perbedaan King Kobra Dengan Ular Kobra

King Kobra Dengan Ular Kobra

Nama ilmiah dari Ular Kobra adalah Naja. Nama Naja tersebut berasal dari kata bahasa Sansekerta yaitu Nāgá (नाग) dimana berarti “ular bertudung”. Ular Sendok dalam bahasa Indonesia merujuk pada berbagai jenis-jenis ular yang memiliki marga Naja. Sedangkan King Kobra atau (Ophiophagus hannah) biasanya disebut dengan istilah ular anang atau ular tedung.

Jika kita semua sudah mengenal tentang jenis dari Kobra di dalam salah satu Artikel Makhluk Hidup ini. Dan dibawah ini kita akan dapat mengetahui dan mempelajari ciri-ciri perbedaan dari Ular Kobra dengan King Kobra. Kita harus mengetahui bahwa Ular Kobra dan King Kobra merupakan spesies ular dari dua genus yang  berbeda. Kobra merupakan spesies ular yang berasal dari genus Naja, Kobra biasa sendiri memiliki varian yang sangat banyak sekali, seperti salah satu contohnya Naja sputatrix dan Naja-Naja lainnya.

Sedangkan King Kobra merupakan ular yang berasal dari genus Ophiophagus. Nama latin dari seekor King Kobra ialah Ophiophagus hannah, King Kobra merupakan satu-satunya spesies ular dari genus ini. Seterusnya bagaimanakah agar kita semua dapat membedakan antara jenis Ular Kobra dan King Kobra? Berikut ini adalah cara membedakan kedua ular tersebut.

Ciri Ciri Perbedaan Antara King Kobra Dengan Ular Kobra

Perbedaan King Kobra Dengan Ular Kobra

– Kobra

Sisik pada Ular Kobra lebih rapat dan kecil. Sehingga jika kita lihat antara sisiknya sangat berdempet sekali yang rapat tanpa celah sama sekali.

– King Kobra

Sementara sisik pada King Kobra. Jika kita perhatikan antara sisiknya seperti ada sedikit ruang celah yang cukup besar. Sisik King Kobra terbentuk besar dan memiliki ciri-ciri yang lebih khas dari Kobra pada biasanya.

Perbedaan King Kobra Dengan Ular Kobra

– Kobra

Dalam kondisi berdiri atau sedang dalam keadaan waspada, Ular Kobra akan membuka/mengembangkan lehernya, yang dimana leher Ular Kobra akan membentuk lekukan seperti sendok, atau hanya dibagian atas lehernya saja yang mengembang. dengan kata lain, tudungnya pendek, tidak sampai kebawah.

– King Kobra

Sedangkan saat leher King Kobra sedang mengembang di dalam keadaan waspada atau saat didalam keadaan ingin menyerang. Maka lekukannya tudung lebih kelihatan panjang kebawah, sehingga tidak terlihat lagi dalam bentuk sendok. Saat berdiri, tudung King Kobra, terbentang ke leher kanan dan leher kirinya panjang hingga sampai kebawah.

Perbedaan King Kobra Dengan Ular Kobra

– Kobra

Ukuran panjang pada tubuh Ular Kobra lebih kecil dan pendek dibandingkan ukuran tubuh King Kobra. Panjang tubuh Ular Kobra bisanya dapat mencapai panjang hingga 1,7 meter sampai 2,5 meter.

– King Kobra

Besar dan panjang badan pada King Kobra lebih besar dan sangat panjang. Yang dimana panjangnya bisa mencapai hingga 5,5 meter sampai 12 meter lebih dengan diameter 10cm. Badan yang besar dan panjang tersebut menjadikannya sebagai ualar berbisa terpanjang di dunia. Bobot King Kobra dewasa bisa mecapai 200Kg dan bisa hidup hingga 20 tahun keatas. Jika kita membandingkan Kobra dan King Kobra pada usia yang sama, Ular Kobra bisa 1/3 kali lebih pendek dari sosok seekor King Kobra, sehingga membuat Kobra biasa akan keliatan jauh lebih kecil ketimbang King Kobra.

Perbedaan King Kobra Dengan Ular Kobra

– Kobra

Ular Kobra bergerak sangat lincah, namun terukur dan teratur. Selama ada ruang untuk menghindar dan sembunyi, Ular Kobra akan menjauhi musuhnya. Kobra biasa tidak pernah mau berhadapan langsung dengan musuhnya jika tidak terpaksa atau merasa terancam. Jika kaget dia akan waspada dan berdiri tegak. Cara Kobra untuk mengusir musuh atau yang membuat dia terancam sangatlah khas sekali. Bukan dengan hanya dengan cara mematok atau mengigigit musuhnya saja. Yang dimana Ular Kobra juga dapat mengusir musuh dengan melakukan semprotan bisa (venom) dan mengeluarkan suara berdesis. Dan bisa atau racun pada semburan Ular Kobra dapat membutakan mata kita, jadi harus sangat hati hati yah.

– King Kobra

Sementara King Kobra, tak pernah mengenal rasa takut, sangat lincah sekali dan gerakannya sulit untuk ditebak. King Kobra sangat tidak suka disentuh ekornya, hal tersebut bisa membuatnya sangat marah dan agresif serta langsung akan melakukan menyerang dengan gigitan yang sangat beracun. Untuk menakuti musuh dengan menggunakan keahlian menaikkan kepalanya dengan mulut terbuka yang sangat lebar. Tapi King Kobra tidak bisa menyemburkan bisa atau racun (venom) kearah musuhnya.

Perbedaan King Kobra Dengan Ular Kobra

– Kobra

Dan untuk bertahan hidup biasanya Kobra memangsa atau memburu tikus, ayam, katak, dan beberapa binatang berukuran kecil.

– King Kobra

Sedangkan King kobra adalah jenis ular kanibal, yang dimana King Kobra memakan sesama ular. Membunuh ular dan memakannya sudah menjadi aktifitas King Kobra.

Perbedaan King Kobra Dengan Ular Kobra

Jika biasanya kita mendengar atau membayangkan sosok seekor Kobra, kita akan merasakan ketakutan dan merinding. Akan tetapi pada zaman sekarang sudah banyak banyak sekali yang sudah menjadikan Kobra menjadi salah satu peliharaan atau salah satu exotic pets. Racun atau venom pada Kobra memang sangat berbahaya untuk kita semua, akan tetapi saat sekarang sudah terdapat penangkal racun atau obat bagi yang terkena gigitan Ular Kobra atau King Kobra.

Bantu Share Yah Guys ^.^
About David Huang 17 Articles
Website instingbinatang.com adalah situs yang menyediakan berbagai jenis artikel makhluk hidup terlengkap dan terpercaya di dunia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*