Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

Apakah Makhluk Hidup yang tinggal pada dasar laut terdalam dapat menakuti kita semua? Jawabannya sudah pasti “iya”. Kenapa demikian? Karena hampir semua makhluk hidup yang terdapat pada dasar laut terdalam semua memiliki bentuk tubuh yang sangat aneh dan mengerikan. Berbagai jenis makhluk dari ikan, cacing, kepiting, gurita, ubur-ubur dan lain sebagainya memiliki bentuk badan yang sangat berbeda dengan jenis keluarga mereka lainnya.

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

Dan untuk saat sekarang yang terdata dengan kedalam terdalam pada laut lepas adalah Palung Laut Mariana. Yang dimana pada kedalaman terdalam pada laut lepas sangat jauh sekali dari sumber makanan, memiliki suhu kedinginan yang cukup tinggi serta memiliki tekanan laut berpuluh hingga ratusan kali lipat. Hanya beberapa Makhluk Hidup yang dapat bertahan untuk hidup disana dengan keadaan ekstrem seperti itu. Sebab itu sangat jarang sekali Makhluk Hidup tersebut dapat kita temukan dengan mudah dan hanya dapat kita lihat atau temukan pada dasar laut terdalam.

Dalam hal tersebut hanya dapat dilakukan dengan kapal selam dan berbagai alat dengan dukungan teknologi yang sudah sangat canggih pada masa kini untuk meninjau berbagai kehidupan Makhluk Hidup yang terdapat pada dasar laut terdalam. Sedemikian Meskipun hari-hari ini semua orang terobsesi dengan berbagai zombie dan alien. Di kedalaman samudra hitam, di mana tekanan bisa puluhan kali atau mencapai ratusan kali, lebih tinggi dari permukaan di atas laut. Dan jika kita tidak menggunakan alat apapun dan hanya menyelam ke dalam sana kita juga akan mendapatkan tekanan yang luar biasa. Yang dimana badan kita semua akan hancur dikarenakan puluhan hingga ratusan kali lipat tekanan laut akan bisa membuat kita kehilangan nyawa.

Nah pada kesempatan kali ini izinkan Insting Binatang memperkenalkan ke kita semua, seluruh warga negara Indonesia kepada 25 makhluk laut terdalam yang paling menakutkan yang masih hidup di Bumi.

Jenis Makhluk Hidup  Pada Lautan Terdalam

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Dragonfish

Meskipun mereka hampir ditemukan pada kedalaman laut 2 km. Dragonfish sebenarnya memulai kehidupannya pada permukaan laut yang dimana dari telurnya yang mengapung pada dasar permukaan laut. Seperti banyak Makhluk Hidup laut dalam lainnya. Dragonfish mampu menghasilkan cahaya sendiri menggunakan metode yang dikenal sebagai bioluminescence setelah itu turun ke dasar laut terdalam. Salah satu dari banyaknya fotoporanya yang menghasilkan cahaya dapat ditemukan pada barbel yang melekat pada rahang bawahnya, yang kemungkinan besar digunakan untuk berburu dan sebagai cahaya pada kegelapan.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Frilled Shark

Diistilahkan sebagai fosil hidup di lautan. Ikan Hiu yang juga jarang terlihat ini menghuni kedalaman Samudra Atlantik dan Pasifik terdalam. Para ilmuwan berspekulasi bahwa ia menangkap mangsanya dengan menekuk tubuhnya dan menerjang ke depan seperti seekor ular sambil terus menelan seluruh korbannya.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Vampire Squid

Cumi vampir (Vampyroteuthis infernalis, lit. Cumi vampir dari Neraka) adalah cephalopoda atau Mahkluk Hidup yang ditemukan di seluruh samudera beriklim tropis dan dalam kondisi laut yang sangat dalam yang memiliki kondisi ekstrem. Filamen sensorik retractile unik membenarkan penempatan vampir squid dalam urutannya tersendiri, Vampyromorphida, karena memiliki berbagi kesamaan dengan gurita dan cumi-cumi pada lainnya. Sebagai relik filogenik. Spesimen pertama dikumpulkan pada Ekspedisi Valdivia dan mereka awalnya digambarkan sebagai gurita pada tahun 1903 oleh teutolog Jerman. Carl Chun.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Big Red Jellyfish

Tiburonia atau big red jellyfish ialah genus ubur-ubur di family Ulmaridae. Sesudah penemuan satu-satunya Makhluk Hidup dengan spesies yang belum diidentifikasi. Tiburonia granrojo. Ditemukan oleh kru dari MBARI yang dipimpin oleh George Matsumoto. Nama genusnya ialah Tiburonia sebab ROV yang dipakai oleh kru dinamakan Tiburon, yang berarti “hiu” dalam bahasa Spanyol. Nama spesiesnya tadinya disebut “Big Ugly”, namun Kirsten Matsumoto mengemukakan keberatan atas nama ini, dan menamainya dengan granrojo, yang berarti “merah besar” dalam bahasa Spanyol.

Tiburonia granrojo ialah salah satu jeli laut terbesar dan mereka hidup di kedalaman laut 600 sampai 1.500 meter (2.000 sampai 4.900 kaki) dan sudah ditemukan di Samudra Pasifik di Teluk California, Monterey Bay, Hawaii dan Jepang. Mereka bisa tumbuh sampai 76 sentimeter (30 in) dengan diameter. Menurut keterangan dari California Academy of Sciences, dan mempunyai lengan mulut tebal berdaging di lokasi tentakel panjang ditemukan di mayoritas jeli. Seluruh ubur-ubur berwarna merah tua.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Giant Squid

Cumi-cumi raksasa (genus Architeuthis) ialah cumi-cumi laut dalam di family Architeuthidae. Cumi-cumi raksasa adalah Makhluk Hidup yang bisa tumbuh dengan ukuran yang luar biasa sebab gigantisme laut dalam estimasi terbaru menanam ukuran maksimum pada 13 m (43 kaki) guna betina dan 10 m (33 kaki) guna jantan dari sirip posterior ke ujung dua panjang tentakel (kedua sesudah cumi-cumi kolosal dengan estimasi 14 m (46 kaki). Di antara organisme hidup terbesar). Ukuran panjang Mantel ialah sekitar 2 m (6 kaki 7) panjang (lebih guna perempuan, tidak cukup untuk laki-laki), dan panjang cumi tergolong tentakel (tetapi tergolong kepala dan lengan) jarang melebihi 5 m (16 kaki). Klaim spesimen berukuran 20 m (66 kaki) atau lebih belum didokumentasikan secara ilmiah.

Jumlah spesies cumi-cumi raksasa yang bertolak belakang telah diperdebatkan, tetapi riset genetik baru-baru ini mengindikasikan bahwa ada satu spesies.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Blobfish

Blobfish (Psychrolutes marcidus) ialah ikan laut dalam dari family Psychrolutidae. Makhluk Hidup dengan sosok seekor ikan perairan terdalam di lepas pantai daratan Australia dan Tasmania, serta perairan terdalam Selandia Baru.

Blobfish seringkali di temukan dengan ukuran lebih pendek dari 30 cm (12 inci). Mereka hidup di kedalaman antara 600 dan 1.200 m (2.000 dan 3.900 kaki) di mana tekanannya 60 sampai 120 kali lebih banyak daripada di permukaan laut. Sebaliknya, daging dari blobfish khususnya massa gelatin dengan kepadatan sedikit ini memungkinkan ikan mengambang di atas dasar laut tanpa menerbitkan energi menggunakan gaya berenang. Kurangnya otot relatif tidak merugikan sebab terutama menelan yang bisa dimakan yang mengambang di depannya laksana krustasea laut dalam.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Coffinfish

The coffinfish (Chaunax endeavouri) ialah spesies katak laut dari family Chaunacidae. Ikan ini ditemukan pada perairan beriklim berada di Pasifik barat daya. Pada lepas pantai unsur timur Australia. Makhluk Hidup tersebut dapat ditemukan pada kedalaman 164–984,3 kaki (50,0–300,0 m). Mereka mempunyai tubuh bulat dan berduri yang tumbuh sampai panjang maksimum 22,0 cm (8,7 in) (SL laki-laki / unsexed) dan lapisan mulut hitam dan illicium pada moncong yang bisa diturunkan ke dalam alurnya.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Giant Isopod

Isopoda raksasa ialah salah satu dari nyaris 20 spesies isopoda besar (krustasea yang jauh berhubungan dengan keluarga udang dan kepiting, yang adalah (dekapoda) di genus Bathynomus. Makhluk Hidup ini dapat temukan sangat banyak di perairan Samudera Atlantik, Pasifik, dan Hindia yang dingin dan sangat dalam. Bathynomus giganteus, spesies yang menjadi dasar generitype, isopoda terbesar di dunia, meskipun spesies Bathynomus yang tidak cukup dikenal lainnya dapat menjangkau ukuran yang sama (misalnya, B. kensleyi). Isopoda raksasa disalin karena keserupaannya dengan woodlouse (bug pil) yang jauh lebih kecil, yang memiliki hubungan dengannya.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Stargazer Fish

Para pengamat bintang mengatakan bahwa Makhluk Hidup ini ialah keluarga dari Uranoscopidae yaitu ikan perciform yang mempunyai mata di atas kepala mereka. Para pengamat binatang merangkum sekitar 51 spesies (satu punah) dalam delapan genera, seluruh laut terdalam dan ditemukan di semua dunia dalam air garam.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Chimaera

Chimaeras ordo Chimaeriformes, yang dikenal secara informal sebagai hiu hantu, spookfish, atau ikan kelinci ini. Pada sebuah waktu, kumpulan “beraneka aneka jenis” (menurut daftar fosil). Kerabat terdekat mereka ialah seekor ikan hiu, meskipun secara evolusi, mereka berbeda dari hiu nyaris 400 juta tahun yang kemudian dan tetap terisolasi hingga hari ini, Mayoritas Chimaera sangat terbatas dan hanya dapat di temukan pada laut terdalam.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Amphipoda

Amphipoda ialah orde krustasea malacostracan tanpa karapas dan lazimnya dengan badan lateral terkompresi. Amphipoda mempunyai ukuran mulai dari 1 sampai 340 milimeter (0,039 sampai 13 inci) dan banyak sekali detritivora atau pemakan bangkai Makhluk Hidup. Ada lebih dari 9.900 spesies amphipod sekitar ini dijelaskan. Mereka kebanyakan fauna laut, namun ditemukan di nyaris semua lingkungan akuatik. Sekitar 1.900 spesies hidup di air tawar, dan ordo pun mencakup fauna darat dan sandhoppers laksana Talitrus saltator.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Pacific Black Dragon

Idiacanthus atlanticus (umumnya dikenal sebagai ikan naga hitam) ialah ikan bandeng dari famili Stomiidae. Yang ditemukan secara sirkular di laut subtropis dan beriklim sedang salah satu garis lintang 25 ° S dan 60 ° E. Pada kedalaman sampai 2.000 meter (6.600 kaki). Spesies dimorfik secara seksual, betina berwarna hitam dengan enam garis. Sedangkan laki-laki berwarna coklat. Dan lagi tidak mempunyai gigi taring betina, sirip perut dan barbel. Wanita dipercayai membuat migrasi vertikal diel dari lebih dari 500 meter (1.600 kaki) di siang hari ke permukaan air di malam hari. Sedangkan sang jantan tidak bermigrasi dan tetap di bawah 1.000 meter (3.300 kaki).

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Dumbo Octopus

Grimpoteuthis ialah genus gurita yang dikenal sebagai gurita dumbo. Nama “dumbo” berasal dari kesamaan mereka dengan karakter judul Disney’s 1941 film Dumbo. Mempunyai sirip laksana telinga yang menonjol yang memanjang dari mantel di atas masing-masing mata. Ada 13 spesies yang dinyatakan dalam genus. Mangsa tergolong krustasea, bivalvia, cacing dan copepoda. Umur rata-rata sekian banyak  spesies Grimpoteuthis ialah 3 sampai 5 tahun.

Aspek dorsal (kiri) dan ventral (kanan) dari perempuan dewasa G. innominata (73 mm ML).

Sebagian besar spesies grimpoteuthis hidup pada kedalaman minimal 3.000 sampai 4.000 meter (9.800 sampai 13.100 kaki) dengan beberapa hidup sampai 7.000 meter (23.000 kaki) di bawah permukaan laut. Yang dimana adalah kedalaman tertinggi gurita yang diketahui. Mereka ialah beberapa spesies Octopoda meskipun mereka terjadi di semua dunia tergolong di perairan Selandia Baru, Australia, Monterey Bay, Oregon, Filipina, Martha’s Vineyard, Papua New Guinea, dan Azores. Gurita dumbo terbesar yang pernah terdaftar sepanjang 1,8 meter (5,9 kaki) dan berat 5,9 kilogram (13 lb). [4] Ukuran rata-rata untuk mayoritas spesies ialah 20-30 cm (7,9–12 inci) panjangnya. Berat rata-rata masih belum ditentukan.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Anglerfish

Anglerfish ialah ikan dari teleost order Lophiiformes (/ˌlɒfiɪˈfɔːrmiːz/).[1] Ini ialah ikan bertulang mempunyai nama untuk modus ciri khas predasi, di mana perkembangan berdaging dari kepala ikan (esca atau illicium) beraksi sebagai iming-iming. Beberapa anglerfish pun terkenal guna dimorfisme seksual ekstrim dan simbiosis seksual dari laki-laki kecil dengan wanita jauh lebih besar, tampak di subordo Ceratioidei. Pada spesies ini, laki-laki mungkin sejumlah kali lipat lebih kecil daripada perempuan.

Anglerfish berada di semua dunia. Beberapa di antaranya ialah pelagis (tinggal jauh dari dasar laut), sedangkan yang lain mempunyai sifat bentik (tinggal dekat dengan dasar laut); sejumlah hidup di laut dalam (misalnya, Ceratiidae), sedangkan yang beda di landas kontinen (mis, frogfishes Antennariidae dan monkfish / goosefish Lophiidae). Bentuk pelagis terkompresi sangat lateral, sedangkan format bentik sering paling dikompresi secara dorsoventral (tertekan), biasanya dengan mulut besar yang menunjuk ke atas.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Gulper Eel

Belut gulper (Eurypharynx pelecanoides) ialah ikan laut dalam yang jarang tampak oleh manusia, meskipun kadang-kadang tertangkap di jaring ikan. Ini ialah ikan laksana belut dan satu-satunya anggota yang diketahui dari genus Eurypharynx dan family Eurypharyngidae. Itu tergolong ordo Saccopharyngiformes, yang berhubungan erat dengan belut sejati di Anguilliformes. Ini pun disebut sebagai pelikan belut, gulper pelican, dan gulper mulut payung. Pelecanoides epitet spesifik mengacu pada pelikan, sebab mulut ikan yang besar mengingatkan pada burung.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Snaggletooth

Snaggletooths atau stareaters ialah salah satu dari ikan stomiid kecil di laut dalam genus Astronesthes. Mereka mempunyai barbel duri merah yang serupa bioluminesen yang dipakai ikan sebagai umpan untuk unik mangsa kecil ke jarak yang mencolok. Ikan mempunyai kulit yang halus, dan mulut sarat dengan gigi yang tajam, serupa jarum, dan melengkung.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Hatchetfish

Ikan palka laut atau ikan palka laut terdalam ialah ikan bersirip kecil dari sterniform sterniform Sternoptychinae. Mereka tidak mesti bingung dengan ikan hatchetfish segar, yang tidak terlalu berhubungan erat Teleostei di family Gasteropelecidae yang beraroma.

Nama ilmiahnya berarti “Sternoptyx-subfamily”, dari Sternoptyx (tipe genus) + sufiks keluarga fauna standar “-inae”. Ini pada dasarnya berasal dari stérnon Yunani Kuno (στέρνον, “payudara”) + ptýx (πτύξ, “lipatan / lipatan”) + bahasa Latin forma (“bentuk eksternal”), unsur Yunani yang mengacu pada format thorax dari hatchetfish laut.

 

  1. Barreleye

Barreleyes, pun dikenal sebagai spook fish (nama yang pun diaplikasikan pada sejumlah spesies chimaera). Dialah ikan berbumbu dalam laut kecil yang terdiri dari famili Opisthoproctidae yang ditemukan di perairan tropis Atlantik, Pasifik, dan Samudra Hindia.

Ikan-ikan ini diberi nama sebab mereka berbentuk tabung, mata berbentuk tabung. Yang umumnya ditunjukkan ke atas guna mendeteksi siluet mangsa yang tersedia. Namun, menurut keterangan dari Robison dan Reisenbichler. Ikan ini pun mampu menunjukkan mata mereka ke depan. Nama family Opisthoproctidae berasal dari kata Yunani opisthe (“di belakang”) dan proktos (“anus”).

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Grenadier

Grenadiers atau rattails lazimnya berukuran besar, berwarna coklat ikan laut gadiform hitam dari subfamili Macrourinae. Subfamili terbesar dari family Macrouridae. Ditemukan di kedalaman yang paling dalam dari Kutub Utara ke Antartika. Anggota subfamili ini termasuk salah satu ikan laut terdalam.

Makhluk Hidup ini di tandai dengan memiliki kepala besar dengan mulut besar serta mata yang lumayan besar. Grenadiers mempunyai tubuh ramping yang paling lancip arah ke batang atau ekor yang paling tipis (tidak tergolong satu spesies tanpa sirip ekor). Ekor serupa tikus ini menyatakan namanya di sebut dengan ‘rattail’

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Blue Ringed Octopus

Gurita cincin biru, yang terdiri dari genus Hapalochlaena, ialah empat spesies gurita yang paling berbisa yang ditemukan di empang pasang dan terumbu karang di Pasifik dan samudra Hindia, dari Jepang sampai Australia. Makhluk Hidup satu ini bisa kita diidentifikasi dengan kulit mereka yang kekuning-kuningan dan ciri khas cincin biru dan hitam yang berubah warna secara mengharukan ketika fauna itu terancam. Mereka memakan hewan-hewan kecil, tergolong kepiting, kelomang, udang, dan krustasea lainnya.

Mereka dinyatakan sebagai salah satu fauna laut sangat berbisa di dunia. Meskipun ukurannya kecil – 12 sampai 20 cm (5-8 inci) – dan sifatnya relatif jinak, mereka berbahaya untuk manusia bila dipengaruhi dan ditangani sebab racun mereka yang berisi tetragotoxin neurotoxin kuat.

Spesies ini ingin mempunyai jangka hidup selama 2 tahun. Ini bisa bervariasi tergantung pada faktor-faktor laksana nutrisi, suhu dan intensitas cahaya di habitatnya.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Megamouth Shark

Hiu Megamouth (Megachasma pelagios) ialah spesies hiu laut terdalam. Sejumlah hiu megamouth sudah terlihat, dengan tidak lebih dari 100 spesimen yang dicermati atau tertangkap. Seperti dua hiu planktivorous lainnya. Yang dimana megamouth shark berenang dengan mulut besar tersingkap lebar, menyaring air guna untuk memakan plankton dan berbagai jenis ubur-ubur. Ini khas sebab kepalanya yang besar dengan bibir yang besar dan kenyal. Hal ini sangat bertolak belakang sekali dengan berbagai jenis hiu lainnya yang seringkali dianggap sebagai satu-satunya spesies yang masih terdapat di perairan Megachasmidae family yang berbeda.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Viperfish

Seekor viperfish ialah spesies ikan laut dalam genus Chauliodus. Viperfish dicirikan oleh gigi panjang. Yang hampir menyerupai jarum dan rahang bawah berengsel. Viperfish yang khas tumbuh dengan panjang 30 sampai 60 cm (12 sampai 23,5 inci). Viperfish tinggal di sekitar kedalaman lebih rendah (250–5.000 kaki [80–1.520 m]) di kedalaman pada siang hari dan kedangkalan pada malam hari, khususnya di perairan tropis dan subtropis.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. The Black Swallower

The black swallower, Chiasmodon niger, adalah spesies ikan laut dalam di keluarga Chiasmodontidae. Dikenal karena kemampuannya untuk menelan ikan yang lebih besar dari dirinya sendiri.

Ini memiliki distribusi di seluruh dunia di perairan tropis dan subtropis, di zona mesopelagic dan bathypelagic pada kedalaman 700–2.745 m (2.297–9.006 kaki). Ini adalah ikan laut yang sangat umum dan tersebar luas, dari genusnya. Ikan tersebut adalah spesies paling umum di Atlantik Utara.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Fangtooth

Fangtooth ialah jenis ikan berikiform dari family Anoplogastridae (kadang-kadang dieja “Anoplogasteridae”) yang hidup di laut dalam. Namanya dari bahasa Yunani anoplo yang berarti “tak bersenjata” dan gaster yang berarti “perut”. Dengan penyaluran sirkuler di perairan tropis dan dingin, family ini melulu mempunyai dua spesies yang sangat serupa dalam satu genus, tanpa family dekat yang diketahui.

 

Makhluk Hidup Pada Dasar Laut Terdalam

  1. Goblin Shark

Hiu goblin (Mitsukurina owstoni) ialah spesies langka hiu laut terdalam. Kadang-kadang dinamakan sebagai salah satu “fosil hidup”, itu ialah satu-satunya perwakilan family Mitsukurinidae yang masih ada hingga masa kini. Yang dimana sudah berumur selama 125 juta tahun. Hewan berkulit merah muda ini mempunyai profil yang khas dengan moncong yang memanjang, pipih, dan rahang yang paling protrusibel yang berisi gigi yang menyerupai kuku yang menonjol di depan. Badannya dapat bertumbuh hingga 3 dan 4 m (10 dan 13 kaki) panjang saat mencapai dewasa. Meskipun bisa tumbuh jauh lebih besar. Hiu Goblin menghuni lereng kontinental unsur atas, ngarai bawah laut, dan gunung laut di semua dunia pada kedalaman lebih dari 100 m (330 kaki).

Berikut tadi ialah salah satu Artikel Makhluk Hidup yang memiliki kehidupan pada dasar laut terdalam dan berbagai ulasan tentang kehidupan yang masih ada terdapat di dasar laut terdalam di dunia. Semoga kita semua dapat terhibur dan bermanfaat dengan berbagai informasi dari situs resmi Insting Binatang.

Bantu Share Yah Guys ^.^
About David Huang 17 Articles
Website instingbinatang.com adalah situs yang menyediakan berbagai jenis artikel makhluk hidup terlengkap dan terpercaya di dunia.

3 Komentar

  1. Saya paling suka sama ikan Snaggletooth karena ada duri merah dan unik ikan nya,mirip yang ada di flm nemo yaitu dori kalau nhak salah unik
    #kerwnikannyauniksemua

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*