Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Jika pada artikel sebelumnya kita membahas tentang Jenis Ikan Mandarin. yang dimana adalah salah satu ikan hias paling indah yang pernah ada dengan ukuran yang sangat mungil dan berbentuk sangat lucu. Sedangkan pada artikel kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang Ikan Hiu. Jika kita mendengar nama Ikan Hiu yang akan langsung terbayang di pikiran kita adalah seekor ikan dengan ukuran yang sangat besar dan insting sangat ganas.

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Benar sekali Hiu adalah seekor ikan predator yang sangat buas yang hidup di lautan yang luas. Yang dimana Ikan Hiu ialah salah satu jenis ikan predator dengan insting pemangsa dengan ukuran terbesar terganas yang terdapat didalam lautan. Sosok seekor Hiu memiliki dampak yang sangat menonjol dalam mitologi kepulauan Hawaii. Ada kish cerita tentang manusia Hiu yang mempunyai rahang hi. Mereka dapat berubah bentuk antara Hiu dan manusia pada waktu yang mereka inginkan kapan saja dan dimana saja.

Sebuah tema umum dalam kisah-kisah ini ialah bahwa manusia Hiu ini akan memperingatkan kepada  orang-orang yang ke pantai bahwa pada perairan itu terdapat Ikan Hiu. Orang-orang yang ke pantai itu akan menertawai dan menghiraukan peringatan mereka dan akan tetap berenang pada perairan tersebut. Dan pada akhirnya karena itu kemudian mereka dimakan oleh manusia Hiu yang memberikan peringatan penting kepada mereka agar tidak turun ke dalam air tersebut. Mitologi Hawaii juga mengandung banyak dewa atau dewi Hiu. Mereka percaya bahwa Ikan Hiu adalah penjaga samudra, dan mereka disebut Aumakua.

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Ikan Hiu

Di Dunia walau sosok seekor Ikan Hiu selalu mendapatkan predikat jelek dimata kalangan masyarakat, Akan tetapi siapa sangka, dibalik reputasinya yang terkesan cukup buruk dimata kalangana masyarakat, ternyata Hiu merupakan Makhluk Hidup  yang rentan dan sudah mulai  terancam yang dikarenakan kegiatan yang dilakukan oleh para manusia di kawasan pesisir lautan dan sekitarnya. Eksploitasi Ikan Hiu secara langsung sudah sangat marak terjadi di beberapa daerah karena permintaan pasar akan sirip ikan Hiu juga cukup tinggi dengan berbagai harga yang cukup fantastis.

Jika kita lihat betapa pentingnya peran Ikan Hiu di dalam menjaga keseimbangan ekosistem perairan laut yang sangat luaas. Serta besarnya tekanan yang dialami oleh ikan Hiu pada habitatnya, maka sudah seharusnya ikan dalam jenis Hiu termasuk ke dalam spesies yang memiliki perlindungan khusus oleh setiap negara, terutama terhadap ancaman eksploitasi dari kegiatan perikanan. Pada tanah air Negara Republik Indonesia, hingga saat ini telah melindungi beberapa spesies Ikan Hiu yang sudah dianggap mulai langka dan semakin sulit untuk ditemui di alam atau laut sekitar kepulauan Indonesia. Pada berikut ini Insting Binatang akan mencoba jelaskan berbagai jenis – jenis Ikan Hiu yang telah dilindungi oleh hukum yang mengaturnya serta seluruh jenis Ikan Hiu yang terdapat di Dunia secara lengkap dari Artikel Makhluk Hidup.

Jenis Ikan Hiu

Megalodon Shark / Hiu Megalodon

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu Megalodon ialah salah satu ikan purba prasejarah yang telah hidup sekitar 21 hingga 1,2 juta tahun pada masa lalu. Memnurut informasi terpercaya, Hiu ini memiliki ukuran yang sangat besar dan bahkan lebih besar dari sebuah kapal pesiar. Hiu Megalodon adalah jenis Hiu perairan dalay yang sangat jarang sekali naik ke permukaan atas laut, terkecuali saat mereka kelaparan atau untuk mencari mangsa.

Menurut sumber Insting Binatang, Megalodon memiliki ukuran sangat panjang antara 14 hingga 19 meter atau lebih besar lagi, dengan gigi yang sangat besar dan runcing berdiameter 120 milimeter dan diperkirakan telah hidup 28 sampai 1,5 juta tahun yang lalu.

Whale Shark / Hiu Paus

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Whale Shark atau Hiu Paus dalah jenis Ikan Hiu paling besar atau bisa dibilang Ikan Hiu paling besar didunia yang hingga saat ini masih hidup dan masih dapat di temukan.

Dalam bahasa jawa, Hiu Paus ini disebut dengan nama sebutan “Cucut Geger Lintang”. Ukuran rata-rata untuk Hiu dewasa diperkirakan berkisar 97 metres (318.24 ft) dan dan dengan 9 ton. Dan ada yang pernah tertangkap pada 11 November 1947 di Karachi, Pakistan. Memiliki ukuran sekitar 1,265 metres (4,150.26 ft) dan beratnya lebih dari 21,5 ton, sementara lingkar badannya sekitar 7 metres (23.0 ft). Bukan jarang kisah cerita mengenai geger lintang atau Hiu Paus yang berukuran jauh lebih besar dengan ukuran panjang mencapai hingga 18 metres (59 ft) dan berat hingga 45,5 ton, namun sejauh ini tidak ada bukti-buktinya secara ilmiah dengan tepat.

Basking Shark / Hiu Basking

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Jika kita ingin tau nama dari Ikan Hiu yang sedikit unik dengan memiliki mulut yang sangat besar juga, ya ini merupakan salah satunya. Basking Shark (Cetorhinus maximus) atau biasa kita kenal dengan Hiu Penjemur di lautan. Hiu ini merupakan ikan terbesar kedua setelah Hiu paus. Serta spesies ini merupakan salah satu spesies kosmopolitan yang dapat ditemui pada sepanjang samudra hangat di seluruh belahan dunia.

Untuk masalah ukuran dari ikan ini, pastinya cukup besar, apalagi Hiu ini adalah Hiu terbesar kedua didunia. Panjang untuk Hiu basking ini berkisar 12,27 meter (40,3 kaki), dan memiliki berat badan antara 19ton (17t). Hiu ini juga akan berenang sangat pelan ketika mendekati permukaan air laut. Pada umumnya Hiu Basking lebih suka hidup pada suhu air 8-14,5 ° C (46-58 ° F).

Great White Shark /  Hiu Putih

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Great White Shark juga dikenal sebagai Carcharodon Carcharias dengan nama latinnya, Hiu ini adalah salah satu Hiu terbesar dan juga dikenal sebagai Ikan Hiu dengan memiliki insting terganas dari jenis ikan Hiu lainnya. Mereka dapat hidup hingga memiliki panjang 26.2 kaki dan juga berat hingga 5000 lbs (2267.96 kg). informasi dari sumber terpercaya, bahwa Hiu ini bisa kita temukan didekat pantai di semua lautan dunia.

Tiger Shark /  Hiu Macan

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Tiger Shark atau Hiu Macan ialah salah satu jenis Hiu yang juga sangat terkenal kekejamannya selain memakan semua biota laut, Ikan Hiu jenis ini juga sering menyerang para penyelam di lautan. Hiu bercorak harimau atau bercorak seperti macan ini memiliki berat hingga 907,18 kg dan biasanya hidup pada daerah di perairan khatulistiwa tetapi cenderung pada perairan lautan pasifik.

Pacific Sleeper Shark / Greenland Shark

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Greenland shark atau dapat dikenal sebagai gurry shark, sleeper shark,ground shark,grey shark atau juga inuit eqalussuaq yang juga memiliki nama latin Somniosus microsephalus ini adalah jenis Ikan Hiu yang dapat ditemukan di daerah perairan Atlatic Utara yaitu di daerah Greenland dan Iceland.  Hiu ini dapat hidup mencapai umur 200 tahun dan Hiu ini dapat ditemukan pada kedalaman 6700 kaki Di dasar laut Greenland dan Iceland.

Great Hammerhead Shark /  Hiu Martil

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Sphyma mokarran atau dengan sebutan nama Great Hammerhead atau kitaa kenal dengan Hiu Martil adalah jenis Ikan Hiu yang dapat ditemukan di perairan laut khatulistiwa dan ikan ini bisa mencapai ukuran panjang 20 kaki. Hiu ini berbeda dengan Ikan Hiu pada biasanya, yang dimana Ikan Hiu ini menganggap bahwa manusia adalah sebuah bahaya karena Hiu ini bersifat pemalu dibandingkan pada Hiu lainnya sering terlihat Hiu ini menghindar jika ada manusia ingin mencoba mendekatinya.

Hiu Bluntnose Sixgill

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu Bluntnose Sixgill atau dengan nama latin Hihexanchus griseus adalah jenis Ikan Hiu yang berasal dari famili hexanchidae. Yang dimana Hiu ini juga disebut juga Hiu Sapi. Untuk jenis Hiu sapi memiliki beragam warna mulai dari warna coklat hingga warna mendekati hitam.

Orectolobidae

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Wobbegong ialah nama umum yang diserahkan kepada 12 spesies Ikan Hiu karpet di family Orectolobidae. Mereka ditemukan di perairan beriklim dangkal dan tropis di Samudera Pasifik barat dan Samudera Hindia unsur timur, terutama di dekat Australia dan Indonesia. Meskipun satu spesies (wobbegong Jepang, Orectolobus japonicus) terjadi di unsur utara sejauh Jepang. Kata wobbegong dipercayai berasal dari bahasa Aborigin Australia, yang berarti “janggut berbulu”, mengacu pada pertumbuhan di dekat mulut Hiu Pasifik barat.

Sand Sharks / Hiu Pasir

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu pasir (Carcharias taurus), ialah spesies Hiu berhabitat di perairan subtropis dan berilklim diseluruh dunia. Hiu ini menempati diwilayah landas benua, ia juga didatangi diterumbu karang atau diwilayah bangkai kapal. Meskipun namanya Hiu pasir, tetapi iya bahwasannya ia sepupu dari Hiu putih raksasa (Carcharodon carcharias). Selama masa kehamilan, benih yang paling tidak sedikit dikembangkan bakal memberi santap pada saudara kandungnya, suatu strategi reproduksi yang dikenal sebagai kanibalisme intrauterine yakni “embriophagy” atau pun disebut adelphophagy – secara harfiah berarti “makan saudaranya sendiri”.

Mackerel Sharks / Hiu Makarel

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

The Lamniformes (dari bahasa Yunani, Lamna “fish of prey”) ialah suatu urutan Hiu yang lazimnya dikenal sebagai mackerel sharks (yang mungkin pun merujuk secara eksklusif pada family Lamnidae). Ini termasuk sejumlah spesies Hiu yang sangat dikenal.

Anggota ordo dipisahkan dengan mempunyai dua sirip punggung, sirip anal, lima celah insang, mata tanpa membran yang mengecil, dan mulut yang menghampar di belakang mata. Juga. Mereka menjaga suhu tubuh yang lebih tinggi daripada air di sekitarnya.

Thresher Shark / Hiu Monyet

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Thresher Shark atau dengan nama latin Alopias superciliosus adalah jenis Ikan Hiu yang biasanya hidup pada perairan khatulistiwa didunia. Hiu ini memang terlihat ramping tapi pada kenyataan Hiu ini dapat mencapai bobot dengan sangat besar 498.95 kg serta panjangnya dapat mencapai 19 kaki yang menyebabkan Hiu ini menjadi salah satu Hiu terbesar urutan ke 9 di dunia. Hiu ini memiliki warna unik abu keungu-unguan

Catshark / Hiu Kucing

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Catsharks ialah Hiu darat dari family Scyliorhinidae. Mereka ialah salah satu family terbesar Ikan Hiu dengan selama 160 spesies yang ditempatkan di 17 genus. Meskipun mereka lazimnya dikenal sebagai catsharks, tidak sedikit spesies yang biasa dinamakan dogfish atau gato. Catsarks tidak berbahaya untuk manusia.

Angelshark / Hiu Malaikat

Hiu Malaikat ini ialah sekelompok Ikan Hiu dalam genus Squatina di family Squatinidae, yang biasa mempunyai tubuh pipih dan sirip dada luas. Genus ini ialah satu-satunya dalam family dan Squatiniformes. Mereka terjadi di semua dunia di perairan tropis dan beriklim sedang.

Sebagian besar spesies Hiu Malaikat menempati perairan dangkal atau laut tropis, tetapi sejumlah spesies menempati perairan yang lebih dalam, sampai 1.300 m (4.300 kaki). Hiu malaikat kadang-kadang dinamakan monkfish, meskipun nama ini pun diterapkan pada anggota genus LopHius.

Cow Sharks / Hexanchidae

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu sapi ialah keluarga, Hexanchidae, Ikan Hiu yang ditandai dengan sepasang atau celah insang tambahan. Its 37 spesies ditempatkan dalam 10 genera Gladioserratus, Heptranchias, Hexanchus, Notidanodon, Notorynchus, Pachyhexanchus, Paraheptranchias, Pseudonotidanus, Welcommia, dan Weltonia. Hiu sapi dirasakan sebagai yang sangat primitif dari seluruh Hiu, sebab kerangka mereka serupa dengan format purba kuno. Dengan tidak banyak adaptasi modern. Sistem ekskretoris dan pencernaan mereka pun tidak terspesialisasi. Mengindikasikan mereka serupa dengan nenek moyang Hiu primitif. Sebuah gigi hexanchid yang barangkali diketahui dari Permian Jepang, menciptakan keluarga bisa jadi bertahan dari kepunahan Permian-Triassic.

Mulai dari 1,4 sampai 5,5 m (4,6 sampai 18,0 kaki) dalam panjang tubuh orang dewasa. Hiu sapi mempunyai sifat ovoviviparous, dengan induk menyangga telur dalam tubuhnya hingga menetas. Mereka memakan ikan yang relatif besar dari segala jenis, tergolong Hiu lain, serta pada krustasea dan bangkai.

Requiem Sharks / Carcharhinidae

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu Requiem adalah Ikan Hiu dari keluarga Carcharhinidae dalam urutan Carcharhiniformes, mengandung migrasi, Hiu dari laut yang hangat (kadang-kadang payau atau air tawar) seperti Hiu pemintal, Hiu blacknose, Hiu blacktip, Hiu karang abu-abu, Hiu karang blacktip, dan Hiu Whitetip Oseanik.

Anggota keluarga memiliki karakteristik carcharhiniform yang biasa. Mata mereka bulat, dan satu atau dua celah insang jatuh di pangkal pectoral fin. Sebagian besar spesies viviparous, yang muda dilahirkan sepenuhnya dikembangkan. Mereka bervariasi dalam ukuran, dari kecil sebagai 69 cm (2,26 ft) panjang dewasa di Hiu sharpnose Australia, hingga 5,5 m (18 kaki) panjang dewasa seperti Hiu Macan atau Tiger Sharks

Heterodontus / Hiu Bullhead

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

The horn shark (Heterodontus francisci) ialah spesies Hiu bullhead, dalam family Heterodontidae. Ini endemik perairan pantai di lepas pantai barat Amerika Utara, dari California ke Teluk California. Hiu muda diceraikan secara spasial dari orang dewasa, dengan yang kesatu lebih memilih dataran berpasir yang lebih dalam dan yang terakhir lebih memilih terumbu karang yang lebih dangkal atau lokasi tidur alga. Spesies kecil yang seringkali berukuran 1 m (3,3 ft) panjangnya, tanduk Ikan Hiu bisa dikenali dengan kepala pendek, tumpul dengan punggung di atas matanya, dua sirip punggung tinggi dengan duri besar, dan warna coklat atau abu-abu dengan tidak sedikit gelap kecil bintik-bintik.

Hemiscyllidae

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

The Hemiscylliidae ialah keluarga Hiu dalam Orectolobiformes orde. Mereka ditemukan di perairan dangkal tropis Indo-Pasifik. Mereka ialah Ikan Hiu yang relatif kecil, dengan spesies terbesar yang menjangkau tidak lebih dari 121 cm (48 in) dalam tubuh dewasa. Mereka mempunyai tubuh silinder yang memanjang, dengan duri pendek dan spirakel besar. Seperti nama umum mereka menunjukkan, mereka mempunyai ekor yang paling panjang, yang melebihi panjang ukuran tubuh mereka. Mereka ialah ikan yang lamban, santap di invertebrata yang bermukim di bawah dan ikan yang lebih kecil.

Blind Shark / Bluegray Shark / Carpet Shark / Hiu Karpet

Hiu Karpet Berbintik adalah jenis ikan endemik yang terdapat di Indonesia. Hewah khas dari Indonesia ini termasuk dalam suku ”Hemiscylliidae” dengan genus Hemiscyllium. Hiu karpet berbintik masuk kedalam jenis Hiu bambu.

Ikan Hiu karpet berbintik dipercaya ditemukan pada perairan di kepulauan Papua tepatnya pada perairan Kepulauan Raja Ampat. Hiu karpet berbintik mulai dikenal pada tahun 2003.

Nurse Sharks / Ginglymostomatidae

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu perawat (Ginglymostoma cirratum) ialah ikan elasmobranch dalam family Ginglymostomatidae. Mereka ditargetkan langsung di sejumlah perikanan dan dirasakan sebagai bycatch pada orang lain. Hiu perawat ialah spesies urgen untuk riset Ikan Hiu (terutama dalam fisiologi). peringkat keempat dalam gigitan Hiu yang didokumentasikan pada manusia. Kemungkinan sebab perilaku tidak hati-hati oleh penyelam sebab sifat lambat.

Hiu Halmahera

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hemiscyllium halmahera, atau Ikan Hiu epaulette Halmahera, adalah spesies Hiu bambu dari Indonesia. Spesies ini digambarkan dari dua spesimen yang dikumpulkan di dekat pulau Ternate pada tahun 2013, di lepas pantai pulau Halmahera yang lebih besar. Spesies ini paling mirip dengan Hemiscyllium galei, ditemukan di Papua Barat, tetapi terlihat sangat berbeda dalam pola bintik-bintik. Sementara H. galei memiliki tujuh bintik besar dan gelap di setiap sisi tubuhnya, H. halmahera memiliki warna coklat dengan bintik-bintik coklat atau putih dalam konfigurasi poligon di seluruh tubuhnya. Hiu kecil ini seperti Hiu bambu lainnya, karena mereka menggunakan sirip dada mereka untuk “berjalan” di sepanjang dasar samudra.

Smooth – Hound Shark / Mustelus

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Mustelus juga dikenal sebagai smooth-hounds adalah genus Ikan Hiu dari keluarga Triakidae. Nama genus berasal dari kata Latin mustela, yang berarti musang atau sejenis rubah. Seharusnya tidak bingung dengan nama genus Mustela, yang digunakan untuk musang. Smooth – Hound / Mustelus dapat tumbuh hingga 159 cm (5 kaki 3 inci) dan beratnya lebih dari 13 kg (29 lb).

Angular Roughshark / Hiu Angular / Oxynotus

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Oxynotus ialah genus Ikan Hiu dalam ordo Squaliformes, lazimnya dikenal sebagai Hiu kasar. Ini ialah satu-satunya genus yang masih terdapat di family Oxynotidae. Mereka hidup di perairan dalam di Atlantik dan Samudra Pasifik barat.

Hiu kasar berukuran kecil sampai sedang, mulai dari 49 sampai 150 cm (1,61 sampai 4,92 kaki) dalam panjang tubuh orang dewasa, tergantung pada spesies. Tubuh mereka dikompresi, memberi mereka penampang segitiga. Mereka mempunyai dua sirip punggung besar, setiap dengan tulang belakang yang tajam. mereka pun mempunyai organ bercahaya.

Bull Sharks / Hiu Banteng

Hiu banteng (Carcharhinus leucas), pun dikenal sebagai Hiu Zambezi (secara informal “zambi”) di Afrika, dan Danau Nikaragua di Nikaragua. Dapat ditemukan di semua dunia di perairan dangkal yang hangat di sepanjang pantai dan di sungai. Hiu banteng dikenal sebab sifatnya yang agresif, dan keberadaannya dalam sistem air payau dan air tawar hangat tergolong muara dan sungai.

Hiu banteng bisa berkembang baik dalam air asin maupun air tawar dan dapat mengerjakan perjalanan jauh ke sungai. Mereka sudah dikenal mengerjakan perjalanan ke Sungai Mississippi sejauh Alton, Illinois, selama 700 mil (1100 km) dari lautan. Namun, sejumlah interaksi insan Hiu air tawar sudah dicatat. Ikan Hiu banteng berukuran besar barangkali bertanggung jawab untuk mayoritas serangan Hiu dekat pantai, termasuk tidak sedikit gigitan yang dikaitkan dengan spesies lain. Berbeda dengan Hiu sungai dari genus Glyphis, Hiu banteng bukanlah Hiu air tawar sejati, meskipun keterampilan mereka guna bertahan hidup di habitat air tawar.

Megamouth shark / Hiu Bermulut Besar

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Ikan Hiu Megamouth (Megachasma pelagios) ialah spesies Hiu laut dalam. Hal ini jarang disaksikan oleh insan. Sejak penemuannya pada tahun 1976, sejumlah Hiu megamouth sudah terlihat, dengan tidak cukup dari 100 spesimen yang dicermati atau tertangkap. Seperti dua Hiu planktivorous lainnya, ia berenang dengan mulut besar tersingkap lebar, menyaring air guna plankton dan ubur-ubur. Ini khas sebab kepalanya yang besar dengan bibir yang kenyal.

Blue Sharks / Hiu Biru

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu biru (Prionace glauca) ialah salah satu jenis atau keluarga dari spesies Ikan Hiu requiem, dalam family Carcharhinidae, yang menempati perairan dalam di samudra beriklim tropis dan berada di dunia. Lebih suka perairan yang lebih dingin, Hiu biru bermigrasi jarak jauh, seperti dari New England ke Amerika Selatan. Spesies ini tercatat sebagai Hiu yang hampir terancam punah oleh IUCN.

Blue Sharks atau Hiu biru bisa bergerak paling cepat. Hiu biru ialah vivipar dan disalin untuk litter besar 25 sampai lebih dari 100 anak. Mereka memberi santap terutama pada ikan kecil dan cumi-cumi, meskipun mereka dapat memungut mangsa yang lebih besar. Masa hidup maksimum masih belum diketahui, tetapi dipercayai bahwa mereka bisa hidup sampai 20 tahun.

Rare Shark / Hiu Frilled

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu berjumbai (Chlamydoselachus anguineus) ialah salah satu dari dua spesies Ikan Hiu yang terdapat di family Chlamydoselachidae, dengan penyaluran yang luas namun tidak merata di Samudra Atlantik dan Pasifik. Spesies ini ditemukan di atas lempeng benua luar dan lereng kontinental unsur atas, umumnya di sekitar bagian bawah.

Telah tertangkap sedalam 1.570 m (5.150 kaki), meskipun jarang di bawah 1.200 m (3.900 kaki). Di Suruga Bay, Jepang, ini sangat umum pada kedalaman 50-200 m (160-660 kaki). Mempertunjukkan sejumlah fitur primitif, Panjang Hiu menjangkau 2 m (6,6 kaki) dan mempunyai tubuh coklat gelap laksana belut dengan sirip punggung, panggul, dan dubur ditempatkan jauh ke belakang. Nama lazimnya berasal dari penampilan berenda atau fringed dari enam pasang celah insang.

Blacktip Shark / Hiu Karang Sirip Hitam

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu Sirip Hitam atau Blacktip Shark berasal dari familiar Carcharhinidae. Mereka sering dijumpai di perairan tropis dan non tropis diseluruh belahan dunia. Ukuran tubuh biasanya dapat mencapai sekitar 1, 5 meter. Setiap jenis Hiu karang sirip hitam memiliki warna hitam pada ujung setiap siripnya.

Seperti padaa Ikan Hiu lainnya, ia berkembang biak dengan cara vivipar dengan jumlah bayi Hiu yang dapat mencapai 1 sampai 10 ekor pada setiap tahunnya. Hiu Sirip Hitam yang belum dewasa menghabiskan beberapa bulan pertama hidupnya di perairan dangkal, dan untuk Hiu betina dewasa akan kembali lagi ke tempat dimana mereka dibesarkan untuk melahirkan bayi-bayi Hiunya. Spesies ini termasuk dalam status hampir terancam punah oleh IUCN (International Union for Conservation of Nature).

Whitetip Shark / Hiu Karang Sirip Putih

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu Karang Sirip Putih yang biasa disebut juga dengan Hiu karang adalah jenis Hiu yang berkembang biak dengan cara vivipara yang tidak jauh berbeda dengan Ikan Hiu sirip hitam. Ia biasanya berukuran sedang dengan panjang rata-rata sekitar 1,6 m.

Ikan Hiu sirip putih yang menghabiskan waktunya di dasar perairan atau pada celah-celah terumbu karang yang berair jernih. Ikan ini merupakan ikan predator dan habitatnya berada pada kedalaman air antara 8 – 40 meter perairan lautan.

Copper Shark / Hiu Bronze Whaler

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu tembaga, perunggu whaler, atau Ikan Hiu narrowtooth (Carcharhinus brachyurus) ialah spesies Hiu requiem, family Carcharhinidae. Dan satu-satunya anggota genus yang ditemukan banyak sekali di lintang sedang. Ini didistribusikan di sebanyak populasi yang terpisah di Atlantik unsur timur laut dan barat daya, di Afrika selatan, pada Pasifik barat laut dan timur, serta di dekat Australia dan Selandia Baru.

Dengan laporan yang tersebar dari wilayah khatulistiwa. Spesies ini bisa ditemukan dari sungai payau dan muara, ke teluk dan pelabuhan dangkal, ke perairan lepas pantai 100 m (330 kaki) dalam atau lebih. Wanita ditemukan terpisah dari laki-laki untuk mayoritas tahun, dan mengerjakan migrasi musiman. Spesies besar menjangkau 3,3 m (11 kaki) panjang, Hiu tembaga sulit dipisahkan dari Hiu requiem besar lainnya. Hal ini diitandai dengan giginya yang sempit, berbentuk kait, kurangnya punggungan menonjol antara sirip dorsal, dan warna perunggu polos.

sevengill broadnose Shark / Hiu 7 Ingsang

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Sevengill Hiu broadnose (Notorynchus cepedianus) adalah satu-satunya anggota genus Notorynchus yang masih ada, di keluarga Hexanchidae. Hal ini dapat dikenali karena tujuh celah insangnya, sementara sebagian besar spesies Ikan Hiu memiliki lima celah insang, dengan pengecualian dari anggota ordo Hexanchiformes dan gergaji sixgill. Hiu ini memiliki tubuh yang besar dan tebal, dengan kepala yang lebar dan moncong yang tumpul. Rahang atas memiliki gigi bergerigi, lengkung, dan rahang bawah memiliki gigi berbentuk sisir. Sirip punggung tunggal diatur jauh ke belakang sepanjang tulang belakang ke arah sirip ekor, dan berada di belakang sirip perut.

Pada Hiu ini sirip ekor bagian atas jauh lebih panjang daripada yang lebih rendah, dan sedikit berlekuk di dekat ujungnya. Seperti banyak Hiu, sevengill ini berlawanan warna. Permukaan dorsalnya berwarna perak keabu-abuan hingga coklat agar menyatu dengan air dan substrat gelap bila dilihat dari atas. Dalam hal ini, permukaan ventralnya sangat pucat, menyatu dengan air yang diterangi matahari bila dilihat dari bawah. Tubuh dan siripnya ditutupi bintik-bintik hitam & putih kecil. Pada remaja, sirip mereka sering memiliki garis putih.

Sawshark / Hiu Gergaji

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu gergaji atau dikenal sebagai Pristis microdon ialah ikan yang hidup di Danau Sentani. Hiu gergaji juga sangat populer dengan nama pari atau Hiu sentani. Yang dikarenakan memang endemik di Danau Sentani, Papua. Orang barat selalu menyebutnya Largetooth Jawfish yang berarti Ikan Hiu bergigi besar di danau. Ikan ini termasuk ikan air tawar dan berkembak biak dengan cara ovovivipar sama seperti dengan Hiu-Hiu lainnya.

Walaupun penampilan Hiu gergaji cukup mengerikan atau seram, namun bukan berarti ikan ini menjadi penguasa pada Danau Sentani. Fakta di lapangan menunjukkan populasi anggota famili Pristidae yang bernama Latin Pristis Microdon ini terus menyusut hingga saat ini. Ikan yang menyebar di Australia, India, Papua Nugini, Afrika Selatan dan Thailand ini tergolong penghuni air tawar dan sangat menyukai daerah tropis. Biasanya mereka hidup di danau-danau besar, sungai besar atau rawa-rawa tertentu. Di Indonesia Ikan Hiu gergaji terdapat pada daerah Sungai Digul, Sungai Mahakam (Kalimantan), Sungai Siak dan Sungai Sepih dan sekitarnya

Goblin Shark / Hiu Goblin

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu Goblin (Mitsukurina owstoni) ialah salah satu spesies Ikan Hiu laut dalam langka yang kurang dipahami. Yang juga terkadang dapat disebut sebagai “fosil hidup”. Hak tersebut menjadi satu-satunya wakil yang masih ada dari keluarga Mitsukurinidae, yang memiliki garis keturunan tua sekitar 125 juta tahun. Ikan berkulit merah muda ini memiliki profil ciri yang khas dengan moncong pipih yang memanjang, dan rahang yang sangat protrusible yang mengandung gigi seperti kuku yang dapat menonjol keluar. Hiu ini panjangnya biasanya antara 3 dan 4 m (10 dan 13 kaki) ketika dewasa, meskipun dapat tumbuh jauh lebih besar. Hiu Goblin mendiami lereng atas benua, lembah bawah laut, dan berbagai gunung laut di seluruh dunia pada kedalaman lebih dari 100 m (330 ft),

Hiu Koboi

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Hiu koboi atau dapat kita sebut sebagai Carcharhinus longimanus ialah Ikan Hiu pelagik berukuran besar yang mendiami lautan di wilayah beriklim tropis dan sedang dengan memiliki suhu hangat. Tubuh dempak hewan ini dikenal memiliki sirip ventral berujung putih yang bulat dan cukup panjang.

Ikan Hiu yang agresif namun bergerak lambat ini merupakan hewan berkelompok yang ganas dalam menyerang korban kecelakaan kapal dan pesawat yang terapung di laut. Studi baru-baru ini menunjukkan turunnya jumlah populasi hewan ini dengan curam dikarenakan siripnya yang besar dihargai sangat tinggi sebagai bahan utama dari Sup sirip Hiu dalam pasarnya. Dan bersama dengan jenis Hiu lainnya, Ikan ini menghadapi tekanan perikanan yang membesar sepanjang wilayah sebarannya di laut.

Borneo Shark

Hiu Borneo (Carcharhinus borneensis) adalah spesies Hiu requiem, dan bagian dari keluarga Carcharhinidae. Sangat langka, hanya diketahui dari perairan pantai sekitar Mukah di barat laut Kalimantan, meskipun mungkin pernah lebih luas didistribusikan pada perairan. Seekor Ikan Hiu kecil berwarna abu-abu dengan panjang mencapai 65 cm (26 inci), spesies ini adalah satu-satunya anggota genusnya dengan deretan pori-pori yang membesar di atas sudut mulutnya. Ia memiliki tubuh ramping dengan moncong panjang dan runcing dan sirip dorsal rendah kedua yang ditempatkan di posterior asal sirip dubur.

Hampir tidak ada yang diketahui tentang sejarah alam Hiu Borneo. Ini adalah viviparous seperti Hiu requiem lainnya; betina melahirkan anak-anak beranak enam, yang disediakan melalui kehamilan oleh koneksi plasenta. Uni Internasional untuk Pelestarian Alam terakhir menilai spesies ini sebagai Terancam Punah, yang pada saat itu belum pernah terlihat sejak tahun 1937. Sementara populasi yang masih ada telah ditemukan, Hiu Borneo terus mendapat perhatian konservasi mengingat jangkauannya yang sangat terbatas dalam penangkapan ikan besar-besaran. perairan.

Hiu Leopard

Jenis Ikan Hiu Di Dunia

Cucut tokek atau cucut kembang yang biasanya disebut dengan nama Hiu Leopard, Stegostoma fasciatum, adalah sejenis Ikan Hiu yang gemar berdiam di dalam dasar laut. Yang dimana satu-satunya spesies yang masuk ke dalam suku Stegostomatidae dan marga Stegostoma. Selalu aktif pada malam hari (nokturnal). Cucut yang tidak berbahaya ini menyebar luas di perairan kelautan Indo-Pasifik, mulai dari pantai timur Afrika hingga Nusantara hingga Pasifik barat.

Hewan yang muda, dengan panjang kurang dari 90 sentimeter (35 in), biasa berwarna belang-belang seperti macan tutul atau leopard, sehingga ada yang menyebutnya sebagai Hiu Leopard (Ingg.: Leopard Shark). Namun cucut dewasa memiliki pola warna yang jauh berbeda.  Hanya saja para nelayan di Indonesia barat mengenalnya sebagai cucut tokek atau cucut kembang, mungkin karena totol-totolnya mengingatkan pada pola warna tokek di Indonesia atau bunga tertentu.

Shortfin Mako Shark

The shortfin mako shark / ˈmɑːkoʊ / (Isurus oxyrinchus), juga dikenal sebagai blue pointer atau bonito shark, adalah Hiu makarel besar. Hal ini sering disebut sebagai Hiu mako, seperti Hiu mako longfin (Isurus paucus). The shortfin mako tercatat sebagai Hiu berenang tercepat, mampu menyemburkan kecepatan hingga 68 km / jam; 42 mph.

Demikianlah pembahasan kita kali ini yang terkait dengan beberapa jenis Ikan Hiu yang terdapat di berbagai belahan Dunia. Mudah-mudahan berbagai Artikel Makhluk Hidup yang terdapat pada situs Insting Binatang dapat bermanfaat bagi kita semua dan terutama untuk kalangan masyarakat bangsa Negara Indonesia.

Bantu Share Yah Guys ^.^
About David Huang 17 Articles
Website instingbinatang.com adalah situs yang menyediakan berbagai jenis artikel makhluk hidup terlengkap dan terpercaya di dunia.

7 Komentar

  1. This is the right website for anyone who wants to find out about this topic.
    You understand so much its almost hard to argue with you (not that I actually will need
    to?HaHa). You definitely put a brand new spin on a topic that has been written about for years.
    Great stuff, just great!

  2. This is the right website for anyone who wants to find out
    about this topic. You understand so much its almost hard to argue with you
    (not that I actually will need to?HaHa). You definitely put a brand
    new spin on a topic that has been written about
    for years. Great stuff, just great!

  3. You are so cool! I do not believe I’ve read through a single thing
    like that before. So good to find somebody with some original thoughts on this subject.
    Seriously.. many thanks for starting this up.
    This website is something that is needed on the web, someone with some originality!

  4. You are so cool! I do not believe I’ve read through a single thing like
    that before. So good to find somebody with some
    original thoughts on this subject. Seriously.. many
    thanks for starting this up. This website is something that is needed on the web, someone with
    some originality!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*